Jumat, 31 Mei 2013

AYO BACA KUMCER!

            Umar Kayam pernah mengeluh, bahwa frekuensi pembicaraan cerpen jauh di bawah frekuensi pembicaraan novel. Padahal cerpen adalah jenis sastra khas yang perlu diomongkan juga. Karena itu ia menganjurkan para cerpenis untuk menerbitkan karyanya sebagai buku, karena biasanya sarjana, pengaman sastra, dan resensor (peresensi) hanya suka membahas buku. (dikutip dari Nulis Cerpen Yuk! Karya Mohammad Diponegoro, 167)


Koleksi Kumcer Indonesia
Koleksi Kumcer Terjemahan
             
             Memang benar apa yang dikeluhkan Umar Kayam dan oleh karena itulah saya sangat antusias dengan adanya rencana baca buku bareng kumcer yang dijadikan tema untuk akhir bulan ini oleh para Blogger Buku Indonesia. Karena koleksi kumcer saya lumayan banyak juga dan banyak di antaranya yang belum tersentuh.

            Masih dalam Nulis Cerpen Yuk! Mohamad Diponegoro mengatakan, “Dunia cerpen ialah alam di dasar laut karang. Makin dalam kita menyelam dengan minat tajam, makin asyik dan terpukau kita oleh keindahan dan kekayaannya. Kita bias tergiur untuk jatuh cinta dan akhirnya membatalkan niat sama sekali untuk kembali ke daratan. (hlm. 19)
Buku non fiksi tentang Cerpen


            Sekali lagi saya setuju. Ada kenikmatan tersendiri saat membaca cerpen. Jumlah halaman pada cerpen yang sedikit membuat saya segera ingin mengetahui endingnya! Ada saat-saat penyingkapan yang bias kita tunggu pada cerpen yang terasa amat menggetarkan seperti saat saya membaca “Hadiah dari sang Magi”-nya O Henry. Kadang-kadang saya akan terbengong dan ketawa terbahak-bahak seperti saat saya membaca “Barang Antik”-nya Anton Chekhov. Menggigil penuh kengerian membaca “Dinding”-nya Sartre. Geleng-geleng membaca cerpen-cerpen Danarto atau jatuh dalam keheningan yang lama saat menyelesaikan “Dilarang Mencintai Bunga-Bunga” Kuntowijoyo dan “Robohnya Surau Kami” AA Navis.

            Pada kesempatan ini, saya memilih dua kumcer yang akan saya resensi. Silahkan klik untuk membaca resensi tersebut:



6 komentar:

  1. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen poker online terpercaya...poker uang asli..
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    BalasHapus
  2. Dapatkan penghasilan tambahan dari website atau blog Anda dengan bergabung dengan Pemasaran Afiliasi dari salah satu toko buku online Indonesia.
    Dengan mereferensikan pengunjung website/blog Anda ke Belbuk.com melalui klik pada link afiliasi, dan apabila pengunjung tersebut berbelanja buku di website kami, maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan sebesar 5% dari dari total pembelian. Tidak hanya itu, anda akan mendapatkan komisi secara terus-menerus dalam setiap pembelanjaannya, selama pelanggan tersebut mengakses dari komputer yang menyimpan cookie yang telah mengandung kode afiliasi Anda.

    Bergabung sekarang juga: http://www.belbuk.com/afiliasi

    Terimakasih.

    BalasHapus