Jumat, 31 Mei 2013

AYO BACA KUMCER!

            Umar Kayam pernah mengeluh, bahwa frekuensi pembicaraan cerpen jauh di bawah frekuensi pembicaraan novel. Padahal cerpen adalah jenis sastra khas yang perlu diomongkan juga. Karena itu ia menganjurkan para cerpenis untuk menerbitkan karyanya sebagai buku, karena biasanya sarjana, pengaman sastra, dan resensor (peresensi) hanya suka membahas buku. (dikutip dari Nulis Cerpen Yuk! Karya Mohammad Diponegoro, 167)


Koleksi Kumcer Indonesia
Koleksi Kumcer Terjemahan
             
             Memang benar apa yang dikeluhkan Umar Kayam dan oleh karena itulah saya sangat antusias dengan adanya rencana baca buku bareng kumcer yang dijadikan tema untuk akhir bulan ini oleh para Blogger Buku Indonesia. Karena koleksi kumcer saya lumayan banyak juga dan banyak di antaranya yang belum tersentuh.

            Masih dalam Nulis Cerpen Yuk! Mohamad Diponegoro mengatakan, “Dunia cerpen ialah alam di dasar laut karang. Makin dalam kita menyelam dengan minat tajam, makin asyik dan terpukau kita oleh keindahan dan kekayaannya. Kita bias tergiur untuk jatuh cinta dan akhirnya membatalkan niat sama sekali untuk kembali ke daratan. (hlm. 19)
Buku non fiksi tentang Cerpen


            Sekali lagi saya setuju. Ada kenikmatan tersendiri saat membaca cerpen. Jumlah halaman pada cerpen yang sedikit membuat saya segera ingin mengetahui endingnya! Ada saat-saat penyingkapan yang bias kita tunggu pada cerpen yang terasa amat menggetarkan seperti saat saya membaca “Hadiah dari sang Magi”-nya O Henry. Kadang-kadang saya akan terbengong dan ketawa terbahak-bahak seperti saat saya membaca “Barang Antik”-nya Anton Chekhov. Menggigil penuh kengerian membaca “Dinding”-nya Sartre. Geleng-geleng membaca cerpen-cerpen Danarto atau jatuh dalam keheningan yang lama saat menyelesaikan “Dilarang Mencintai Bunga-Bunga” Kuntowijoyo dan “Robohnya Surau Kami” AA Navis.

            Pada kesempatan ini, saya memilih dua kumcer yang akan saya resensi. Silahkan klik untuk membaca resensi tersebut:



6 komentar:

  1. D A D U P O K E R

    Situs Judi Online BANDARQ 8 Games 1 ID
    Minimal Deposit 20 ribu ^^
    Jackpot Jutaan Rupiah SETIAP HARI !!!
    Hadirkan New games dengan Sistem Baru " BANDAR66 "

    HOT Promo Dadupoker Februari 2019 :
    (*) Bonus Referral 20%
    (*) Bonus Turn Over Hingga 0,5%
    (*) Jackpot Jutaan Rupiah ( Setiap Hari )
    (*) 1.000% NO Robot dan No Admin !!!

    Link Resmi : www.dadupoker66.org

    Info Selengkapnya Hubungi kami :
    BBM : 2be2b4b7
    WA : +6281291417675

    BalasHapus
  2. Memang benar apa yang dikeluhkan Umar Kayam dan oleh karena itulah saya sangat antusias dengan adanya rencana baca buku bareng kumcer yang dijadikan tema untuk akhir bulan ini oleh para Blogger Buku Indonesia.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    BalasHapus